Jumat, 14 Maret 2014

Tata Vista

Buat yang suka nonton film India, tak ada salahnya baca postingan saya yang satu ini mungkin selain nonton filmnya ada baiknya juga anda memiliki mobil karya India. Tapi buat yang tidak suka film India boleh juga kok menimbang nimbang buat memilikinya. Ah sudahlah, semua diatas tadi cuma suara hati saya saja, yang penting kenyataannya pabrikan India ini sudah mendarat di tanah air yang tercinta semenjak tahun 2013, cuma baru sekarang saya mencoba menceritakannya kepada anda (hehe...telat.com).

Pertama tama lewat ATPMnya yang bernama Tata Motors Indonesia (TMI) mulai melakukan penetrasinya di pasar Indonesia dengan menghadirkan tiga produk baru sekaligus. Salah satunya, Tata Vista yang diharap-harap bisa berbuat banyak di segmen citycar atau hatchback.

Kalau diperhatikan modelnya cukup lumayan, tampak depan agak seperti Mercy A Class, cuma logo Tata kok kayak logo mobil Timor, tapi saya yakin memang sudah dari sananya begitu jadi kita hormati saja.

Mari kita masuk kedalam, interior memang ada ciri khas tersendiri, dashboard center fascia two tone, sedikit seperti Vios, tapi fitur-fiturnya cukup lengkap sebut saja ; audio double-din, dual airbags, juga rem ABS dan EBD, serta ruang bagasi seluas 232 liter, lebih dari cukup untuk sebuah hatchback asal India ini.

Posisi duduk dan kualitas busa kursinya juga oke, tidak terlalu empuk juga tidak terlalu keras. Visibilitas pandangan keluar pun cukup leluasa. Hanya saja, posisi stir sedikit bikin bingung, karena meski bisa dinaik-turunkan, agak susah menemukan posisi yang pas. Stirnya seperti terlalu dekat dengan dada pengemudi. 

Sekarang kita putar kontaknya, suara mesin safire 1400cc alunannya terdengar sampai kabin, dan semakin jelas derumannya pada saat dilakukan akselerasi, menurut saya  cukup menganggu perjalanan dan menjadi PR utama bagi TMI untuk mereduksinya.

Namun, urusan tenaga, mesin yang bisa menghasilkan power 90 dk dan torsi 116 Nm terbilang yahud. Dengan transmisi manual 5 speed, injakan pedal kopling yang enteng, membuat mobil ini praktis untuk melakukan stop and go di kemacetan. Akselarasinya cukup responsif, dan tenaga terus mengisi pada tiap-tiap perpindahan gigiya. 

Soal handling dan redaman suspensi mobil seharga Rp 129.9juta ini juga cukup baik, melewati jalan bumpy dan berlubang, serta polisi tidur yang kerap ditemui, tidak masalah. Sistem suspensinya dapat meredam setiap guncangan dengan baik. Sejurus dengan handlingnya yang juga ternyata asik diajak bermanuver. Cukup gesit dan presisi, serta stabil di kecepatan tinggi. 

Melihat harganya sepertinya Tata Vista ini harus berhadapan dengan pesaing pesaing beratnya yang sudah menunggunya seperti :  KIA Rio, Hyundai Grand Avega, bahkan Suzuki Swift, yang semuanya menggunakan mesin berkapasitas 1.4 liter, namun Tata Vista bisa dijadikan pilihan untuk yang punya budget pas-pasan.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda siap ber "kuch kuch hota hai" ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar