Iya benar sekali, mobil ini hasil kolaborasi Nissan dengan Renault. Koleos dibangun secara kental dari basis Nissan X-Trail. Bukan hanya
mesin, transmisi serta kaki-kakinya serupa, mobil ini juga mengusung
wheelbase sama persis, tapi bagaimana kira-kira rasanya? Apakah X-Trail banget karakternya?
Jawaban saya jelas tidak ! Tampak bodi saja lebih mengkurva dan modern, dan mengundang banyak perdebatan, entah dari sisi awak media ataupun masyarakat yang melihatnya. Kalau menurut saya sih butuh pemahaman dan mencerna lebih dalam lagi untuk menyukai atau bahkan mencintai Renault yang satu ini, atau mungkin jenis Renault yang lain. Memang Renault semenjak tahun 2000an banyak mengeluarkan model dan desain yang agak-agak kontroversi, agak susah dicerna dan diterima oleh pasar, masing ingat kan Renault Magane 1600cc yang memiliki "bokong yang seksi"? Jadi menurut saya memang calon pembeli potensial Renault adalah orang yang punya selera fesyen tinggi, ogah tampil pasaran dan selalu menanti jadi sorotan publik. Waduh.....kayaknya saya yang kebablasan menilai nih, hehehe.....sudahlah kita kembali ke pembicaraan pertama....
Oke saudara-saudara, sekarang waktunya kita tengok interior, tampaknya Renault
telah berhasil menyulap kabin X-Trail menjadi sesuatu yang baru dan
lebih berkelas. Desainnya bernilai seni serta dilabur bahan-bahan empuk
berkualitas. Sayang trimnya bermotif serat karbon palsu, padahal akan
lebih mewah bila menggunakan motif polos saja.
Dalam kondisi standar Koleos sudah dijejali sangat banyak fitur
modern sarat teknologi ;
- kamera parkir,
- Blind Spot Warning,
- rem parkir
elektrik,
- dual-zone climate control,
- cruise control,
- navigasi satelit
- sistem hiburan Bose dengan R-Link dengan kualitas suaranya juga begitu hebat
Berbeda dengan Renault lainnya yang memiliki posisi mengemudi agak
canggung, Koleos diuntungkan oleh basis X-Trail dan memiliki posisi
mengemudi ergonomis. Begitu pula dengan posisi duduk penumpang depan dan
belakang. Meskipun bantingan suspensi tak seempuk X-Trail, tapi untuk travelling luar kota SUV ini cukup menyenangkan dan sangat bisa diandalkan.
Mesin X-Trail berkapasitas 2.488 cc menelurkan tenaga 170 dk dan
menyalurkannya ke roda depan via transmisi CVT yang halus, tetapi tetap spontan dan mampu melesatkan SUV ini dari kondisi diam hingga 100
km/jam dalam 9 detik saja. Sementara di dalam kota ia memberikan konsumsi BBM 8,4 km/l.
Bila ingin lebih sporty, anda dapat mengaktifkan moda manual di tuas
transmisinya.
Demikianlah bedah Koleos diatas, jika anda termasuk orang yang punya selera fesyen tinggi dan berani tambil beda, anda harus merogoh kocek sebesar Rp 452.000.000,- Lumayan mahal atau memang kemahalan, dengan kata lain harga memang tidak kompetitif di kelasnya. Tapi ingatlah anda membeli sebuah SUV yang berfitur sangat lengkap, anda bisa tampil beda dan yang terpenting Koleos masih berstatus import..........

Tidak ada komentar:
Posting Komentar